DAPAT UANG MELALUI INTERNET

Senin, 08 Juni 2009

Allah Bertanya, Silahkan Anda Menjawab


ALLAH BERTANYA, SILAHKAN ANDA MENJAWAB

Assalamu’alaikum Wr. Wb.


Para sahabat dan sidang pembaca yang dirahmati, dicintai dan dimuliakan Allah SWT.

Anda pernah melihat tanyangan Quiz di TV, tentunya sangat mengasyikan. Selain untuk hiburan tentunya iseng-iseng atau sekadar mengasah otak anda. Lha wong kalau salah nggak ada yang memarahi, paling-paling ya nggak dapat hadiah. Iya toh? Gitu aja kok repot!.

Tapi bagaimana kalau seandainya yang bertanya itu Allah SWT kepada Anda. Beranikah anda menjawabnya dengan iseng atau EGP (Emang Gue Pikirin)? Tentu tidak. Jangankan Allah, kalau yang bertanya guru/dosen/boss, tentunya anda serius dan berusaha memikirkan jawabnya, bahkan kalau anda sampai tidak tahu jawabannya maka keringat dingin akan keluar dan jantung berdegup keras tak beraturan.

Dalam artikel ini saya mencoba memetik beberapa pertanyaan dari Allah SWT yang terdapat dalam Al-Qur’an. Kenapa Allah SWT bertanya kepada hamba-Nya? Allah SWT-kan Maha Tahu! Bukan perkara Allah SWT tahu atau tidak, tetapi pertanyaan ini untuk memperingatkan hamba-hamba-Nya agar selalu senantiasa bertafakur, melakukan perenungan, dan Allah SWT sayang kepada kita sehingga manusia tersebut senantiasa menjaga dan mawas diri dalam melakoni hidup di dunia ini. Sehingga selamat dunia dan akhirat.

Oke kita langsung saja mendengar pertanyaan Allah SWT tentang apa yang kita idam-idam besok di alam akhirat yaitu syurga.

“Apakah kamu mengira bahwa kamu akan masuk surga, padahal belum datang kepadamu sebagaimana halnya orang-orang terdahulu sebelum kamu?” (QS. Al-Baqarah 2 : 214).

Ayat ini mempertanyakan kepada kita umat islam, apa yang telah anda perbuat untuk mencintai Allah, Rosululloh SAW dan berjuang untuk Islam. Selain itu kita juga diperingatkan bahwa kita ridho tidak dengan ketetapan dan kehendak Allah SWT, baik itu berupa peringatan, cobaan dan hukuman dari-Nya. Silahkan anda fikirkan!

Kedua,”Kenapa kamu kafir kepada Allah SWT, padahal kamu tadinya mati, lalu kamu dihidupkan-Nya, sesudah itu dimatikan-Nya, kemudian akan dihidupkan-Nya, akhirnya kamu kembali kepada-Nya” (QS. Al-Baqarah 2 : 28)

Ayat ini untuk menggugah kesadaran manusia mengenai proses kehidupan atau siklus hidup yang harus dijalani manusia (4 alam) dan tidak adanya kesadaran manusia tentang Allah SWT, Tuhan semesta Alam, yang Maha Berkendak, yang Menggerakan, yang Merencanakan, dll. Kafir disini dapat bermakna keluar dari Islam dan dapat pula (meskipun) kita seorang muslim namun kesadaran kita kepada Allah SWT terhijab. Kafir berasal dari kata cover (terhijab/tertutup). Silahkan direnungkan!

Ketiga, “Apakah patut kamu suruh manusia berbuat kebaikkan & kamu lupakan dirimu sendiri, sedang kamu membaca kitab. Apakah kamu tidak memikirkan?” (QS. Al-Baqarah 2 : 44)

Inilah pertanyaan Allah SWT kepada orang yang mendapat gelar “jarkoni” alias “biso ngujar gak biso nglakoni” (Bisa menasehati tetapi dia sendiri tidak pernah atau belum pernah menjalaninya/mengalaminya). Apakah kita termasuk golongan ini?

Keempat, “Hai orang-orang beriman, mengapakah kamu katakan sesuatu yang tidak kamu perbuat? Amat besar kebencian Allah karena kamu katakan sesuatu yang tidak kamu perbuat”. (QS. Ash-Shaf 61 : 2-3)

Pertanyaan Allah SWT ini lebih spesifik dan VIP karena ditujukan kepada orang-orang yang beriman (mukmin). Bagi Anda yang kebetulan sering mengisi acara-acara keagamaan hati-hatilah dengan kata-kata yang anda ucapkan kepada para audience. Karena dengan ayat diatas kita tahu konsekuensinya. Tolonglah untuk selalu instropeksi diri!

Kelima, “Adakah engkau lihat orang yang mengambil hawa nafsunya menjadi Tuhan? Adakah engkau menjadi wakil untuknya?” (QS. Al-Furqaan 25 : 43)

Sering manusia memperturutkan hawa nafsunya, bahkan karena sering “bergaul” dengannya tidak terasa manusia telah menjadi budaknya, hamba sahayanya bahkan tak jarang manusia menyembahnya layaknya Tuhan. Coba renungkan!

Inilah beberapa pertanyaan Allah SWT kepada manusia, sebenarnya masih banyak lagi pertanyaan Allah SWT kepada manusia yang berada dalam Al-Qur’an. Namun karena keterbatasan waktu, saya hanya menukilkan beberapa ayat saja.

Demikian sedikit sumbangsih saya. Semoga bermanfaat.

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.


Fahri
SC-HSS
www.akubersujud.blogspot.com



Tidak ada komentar:

Posting Komentar